Studi Kasus Hewan Kurban
Salah satu referensi yang saya baca menjelaskan bahwa mereka bisa berhasil meraih omset fantastis penjualan hewan kurban dengan menggunakan Facebook & Instagram Ads. Dengan begitu, bandar hewan kurban akan mendapat order hewan lebih banyak dibanding tanpa promosi online.
A. Analisis Kelebihan Produk
Hewan kurban adalah produk musiman yang penjualannya meroket hanya menjelang hari besar idul adha. Tapi setiap penjualannya memberikan nilai pendapatan yang sangat besar dibandingkan menjual di bulan lainnya. Maka setiap masa idul adha setiap bandar harus memaksimalkan penjualannya.
B. Analisis Tantangan dan Solusi
Produk hewan kurban yang bisa laris dengan dibantu iklan tentunya sudah harus siap dari sisi produk. Harus bisa bersaing dengan kompetitor yang ada di dearah yang sama dari segala aspeknya.
C. Apakah Bisa Sukses?
Sudah pasti bisa, jika dengan berjualan langsung saja bisa menghasilkan untung, bagaimana jadinya jika dibantu dengan digital marketing? Pasti lebih laris. Namun harus mempertimbangkan hal-hal berikut.
- Harga harus bisa bersaing.
- Stok hewan kurban harus melimpah.
- Memiliki karyawan marketing yang pekerja keras, ramah, dan melek teknologi.
D. Tips Teknis
- Menargetkan daerah tempat usaha hewan kurban berada saja. Misal kandang berada di daerah Bandung, maka penargetan iklan hanya pada daerah Bandung.
- Tipe hewan tidak hanya satu, agar ada pilihan.
- Menyediakan sistem pembayaran di tempat dengan DP.
- Menyediakan garansi uang kembali jika cacat.
- Menyediakan vidio call pengecekan kondisi hewan kurban.
- Menyediakan penjadwalan survei langsung ke kandang.
- Budget iklan tidak nanggung.
- Menyasar orang-orang yang memiliki daya beli tinggi.
- Menggunakan nama brand, misalnya (saya tulis asal ya) Kurban Jagoan, Sapi Gendut, dll.