Studi Kasus Produk Digital
Banyak para pegiat usaha digital mengatakan bahwa saat ini produk digital adalah produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Dikarenakan produk digital kebanyakan merupakan produk yang unik, selain itu juga faktor masuknya era digital ke Indonesia yang membuat banyak orang berbondong-bondong mempelajari hal-hal berbau digital.
A. Analisis Kelebihan Produk
Produk digital memiliki banyak kelebihan yang tinggi dibanding produk fisik. Yuk kita lihat apa saja kelebihannya.
- Produk satu kali buat sangat menguntungkan. Ada banyak produk digital yang hanya perlu melakukan pembuatan satu kali saja, misalnya ebook, kursus online, aplikasi, vidio, film, dll. Kelebihan produk seperti ini owner hanya perlu membuat satu kali saja, lalu memasarkannya sebanyak mungkin.
Produk berbasis layanan sangat menguntungkan. Produk seperti membership, platform digital, aplikasi, dan sejenisnya juga sangat menguntungkan. Meskipun jika iklan mengalami boncos. Namun bulan selanjutnya, pengguna akan memperpanjang paket layanannya tanpa harus diiklankan.
B. Analisis Tantangan dan Solusi
Meski banyak kelebihannya, namun produk digital juga memiliki tantangan dan solusi yang juga berat.
- Persaingan cukup sengit. Dengan semakin banyaknya orang yang berkecimpung di dunia digital. Maka produk yang kita buat lama kelamaan tidak akan unik juga, akan ada kompetitor yang menyaingi kita. Pemilik produk harus bisa membuat produk digitalnya menang persaingan.
- Segmentasi biasanya sempit. Produk digital bukan kebutuhan pokok, maka dari itu kita harus tau siapa saja target pasar produk kita. Bahkan bisa saja produk digital yang kamu miliki tidak dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Maka baiknya buatlah produk yang memiliki segmentasi cukup luas.
C. Apakah Bisa Sukses?
Produk digital akan sangat menguntungkan jika produk yang dijual memiliki kualitas dan keunikan yang baik. Contohnya kelas online kursusdigital.id yang memiliki kualitas nomor satu dan keunikan yang sangat berbeda dari platform lainnya. Selain itu, pastikan segmentasi target penjualan bersifat luas, agar proses pemasaran mudah.
D. Tips Teknis
- Menggunakan sistem WhatsApp Notification dan Email Notification.
- Dapat menggunakan sistem verifikasi pembayaran otomatis: payment gateway atau robot mutasi moota.
- Menyediaka grup medsos bagi para pembeli.
- Menyediakan kontak WhatsApp untuk pertanyaan.
E. Contoh Iklan Produk Digital
Saya screenshot beberapa iklan produk digital yang ada pada media sosial Instagram, semoga bisa menjadi referensi.
Gambar: Iklan Produk Digital