Target yang Saya Ingin Capai
Ketika saya menjual kelas online atau produk digital. Yang saya targetkan adalah laba per hari yang saya dapatkan. Bukan laba per produk yang saya dapatkan. Inilah kelebihan produk digital, kita hanya membuat satu kali, kita bisa menjualnya sesuka hati dengan biaya pokok penjualan yang rendah bahkan mendekati nol.
Target yang ingin saya capai ialah minimal saya bisa mendapatkan untung 500rb per hari. Berapapun biaya iklan yang saya keluarkan. Istilahnya saya lebih baik untung 500rb dengan biaya iklan 2 juta, ketimbang untung 200rb dengan biaya iklan 50rb. Meskipun dengan target seperti ini, dikurangi biaya iklan, saya sebenernya hanya untung sekitar 7rb saja per kelasnya😂. Pantas saja kelas yang lain mahal-mahal ya…(!!!). Namun alhamdulillahnya, untung perbulan bisa 15 juta hingga 30 juta untuk saat ini. Mungkin akan lebih apabila saya terus kreatif membuat kelas baru.
Mengapa bisa demikian? Karena saya pikir, menjual produk digital tidak terlalu banyak usaha yang dikeluarkan seperti packing maupun mengirim ke kurir. Bisa untung pun sudah bahagia tentunya. Itulah mengapa kelas yang saya jual bisa menjadi kelas termurah se-Indonesia bahkan se-dunia sepertinya.
Punya produk digital juga? Kamu bisa coba target seperti ini, toh pasar Indonesia sangat luas, jangan takut. Jumlah penduduk indonesia 273,5 juta (2020), kalau produk digitalmu masih terjual di bawah 1.000 pcs, berarti kamu masih belum berani mendobrak targetmu.
Target awal saya minimal 10.000 orang bisa ikut kelas online saya, dan sudah berhasi. Next, 100.000 orang harus ikut kelas online saya. Ya masa dari 273 juta gak bisa pasarin ke 1 juta orang saja? Coba pikirkan kembali strateginya.