Membuat Pemirsa Khusus (Custom Audience) Database Pelanggan
Saya tulis materi ini di awal bab, kenapa? Dikarenakan penargetan iklan ke pemirsa serupa yang bersumber dari pemirsa khusus database pelanggan alias LTV (Lifetime Value) sangatlah bagus performanya. Dikarenakan nanti Facebook akan mencarikan orang-orang yang berkemungkinan punya daya beli sesuai harga produk kita.
1. Data yang perlu digunakan untuk membuat pemirsa khusus LTV adalah minimal 100 data pembeli produk kita yang berisikan:
- Nama: baik itu nama lengkap, atau nama depan saja, atau nama depan dan nama belakang.
- No. HP
- Harga Produk
2. Dari mana data tersebut bisa kita peroleh? Dari data pelanggan kita ketika mereka ingin membeli produk kita dong. Bisa didapatkan dengan memintanya secara manual. Atau kalau teman-teman menggunakan formulir WhatsApp dengan plugin Caldera sebagaimana dijelaskan di bab Landing Page. Teman-teman bisa mendapatkan data tersebut pada menu Caldera Forms -> Forms -> Entries, tinggal di Export All datanya.
Gambar: Mengekspor Data di Caldera Form
3. Silakan buat data pelanggan dengan kolom seperti berikut. Fn: first name (nama depan), phone: no hp diawali 62, value: harga produk, email: email. Baiknya teman-teman membuat satu kolom lagi di sebelah Fn yakni Ln: last name (nama belakang). Simpan dalam bentuk excel .xlsx.
Gambar: Contoh Pembuatan Data Pelanggan Excel
4. Setelah itu gunakan aplikasi website cloudconvert.com xlsx to csv untuk mengubah format yang semula xlsx menjadi csv.
Gambar: Mengonversi xlsx ke csv
Pastikan hasilnya rapi dan benar. Pastikan kolom phone masih tertulis angka nomor dengan benar, karena biasanya suka berubah menjadi e+ dan sebagainya. Harus tetap seperti biasa nomornya.
Gambar: Contoh Hasil Konversi CSV yang Benar
5. Selanjutnya kita masuk ke halaman Facebook Business Suite. Masuk ke menu Semua Fitur -> Pemirsa. Lalu klik Buat Pemirsa -> Pemirsa Khusus.
Gambar: Masuk ke Halaman Pemirsa
Gambar: Membuat Pemirsa Khusus
6. Kita akan membuat pemirsa khusus dengan metode Daftar Pelanggan. Lalu klik Selanjutnya.
Gambar: Membuat Pemirsa Khusus Daftar Pelanggan
7. Klik lagi Selanjutnya.
8. Selanjutnya pada halaman menyertakan kolom untuk nilai pelanggan, pilih Ya. Lalu klik Selanjutnya.
Gambar: Menyertakan Kolom Nilai Pelanggan
9. Di bagian selanjutnya, klik Unggah File. Lalu pilih file CSV hasil konversi. Setelah berhasil diunggah, pada bagian Pilih Kolom Nilai Pelanggan Anda, pilih kolom value. Setelah itu klik Selanjutnya.
Gambar: Mengunggah File dan Memilih Kolom Nilai
10. Pastikan setiap kolomnya terpetakan dengan benar. Lalu klik Impor & Buat.
Gambar: Memastikan Pemetaan Benar dan Mengimpor
11. Lalu klik Selesai. Baiknya kita menunggu 2 s.d. 3 hari agar estimasi ukuran pemirsa tersedia.
Gambar: Menyelesaikan Proses Pembuatan Pemirsa Khusus LTV