Ketika Biaya Iklan Tinggi
Sudah saya jelaskan sekilas pada materi-materi sebelumnya. Kita bisa melihat biaya iklan yang tinggi ketika melihat CPC alias Cost per Click dan juga Biaya per Hasil. CPC di atas harga Rp5.000 termasuk tiggi, sedangkan di bawah Rp5.000 masih tergolong normal di tahun 2021.
Nah untuk Biaya per Hasil sendiri itu tidak bisa dijadikan sebagai patokan. Bukan berarti biaya iklan yang tinggi, namun jika menggunakan landing page berarti landing page dan produknya yang tidak memikat.
Nah terus gimana kalau CPC (biaya iklan) saya tinggi?
Nah itu ada masalah di pembuatan iklannya biasanya. Baik dari konten, maupun target pemirsa nya. Ada beberapa tips agar biaya iklan bisa terus rendah, saya berbagi semua ilmu saya di sini.
Dari Segi Konten Iklan
- Pengalaman saya membuktikan bahwa ketika iklan sangat diminati, maka CPC akan turun. Apalagi kalau gratis. Terbukti ketika saya beriklan tentang webinar gratis. CPC nya sekitar 500 perak saja!
- Bisa gunakan tulisan-tulisan promo seperti: ‘Flash Sale’, ‘Promo 12.12’, ‘Banting Harga’, ‘Hanya Hari Ini’, ‘Hanya Bulan Ini’. Penambahan tulisan promo biasanya juga akan berpengaruh terhadap CPC iklan.
Dari Segi Target Pemirsa
- Coba lakukan penargetan pemirsa serupa dari LTV. Bagi saya, metode Lookalike Audience dari pemirsa LTV adalah yang paling akurat, bahkan dibandingkan dengan pixel.
- Jika penargetan LTV berhasil, lakukan pembuatan pemirsa LTV secara berkala setiap sebulan sekali menggunakan data baru. Pengalaman saya menggunakan data baru jauh lebih baik dibanding menggunakan data lama.
- Jika menggunakan Pixel atau LTV, ketika beriklan coba jangan batasi usia nya, biarkan default mulai 21 tahun sampai 65+. Kenapa demikian? Karena kita tidak tahu data yang ada di dalam prediksi Facebook. Kalau kita batasi, khawatirnya usia yang justru paling banyak membeli malah tidak mendapat iklan.
Percayalah, kalau produknya bagus, konten iklannya bagus, landing pagenya bagus, CS admin nya bagus, biaya iklan akan sangat rendah. Saya sendiri pernah mencapai harga Rp5.000 per Penambahan ke Keranjang, meski gak terus terusan sih hehe.