Ketika Produk Tidak Terjual
Saya sendiri telah membeli banyak buku dan kelas Facebook & Instagram Ads untuk memperkuat ilmu saya. Dan dari semua buku dan kelas tidak ada solusi mengenai produk sulit terjual jika produknya memang kurang baik dan tidak bersaing. Ingat, Facebook & Instagram Ads hanya tools, sementara yang menjadi kunci ialah ilmu marketing yang kita miliki.
Saya akan contohkan beberapa kondisi produk yang sulit terjual. Kita harus memposisikan diri sebagai calon pembeli.
1. Kondisi Ongkir Mahal
Ketika teman-teman menjual produk fisik sudah pasti barangnya akan dikirim ke tangan penjual. Otomatis pasti ada ongkir ya kan? Nah resiko zaman sekarang dengan produk ber-ongkir ialah pembeli akan melihat harga produk serupa di pasar nyata dan di marketplace yang notabene tanpa ongkir. Jika harganya justru lebih mahal, maka mereka gak akan beli produk teman-teman.
2. Harga Gak Bersaing
Sangat sulit! Sulit! Saya katakan lagi sulit! Sulit apa? Sulit kalau teman-teman menjual barang yang harganya gak bersaing. Kita sebagai owner harus lebih terbuka sedikit, jangan maksain hal-hal yang di luar logika.
Maksudnya bagaimana tuh? Logikanya pembeli akan melihat harga di tempat lain sebelum membeli. Jika produk yang teman-teman jual adalah produk umum dan harganya masih lebih tinggi dibanding kompetitor di marketplace. Jangan terlalu berharap produknya bisa terjual.
Misal kita menjual tas merek A seharga 150.000 belum ongkir. Di marketplace ada tas serupa dijual 100.000. Ya gak akan laku dong.
3. Bukan Produk Untuk Dijual Online
Produk yang bisa dijual di pasar nyata jangan dipaksain di jual online ya. Contohnya beras. Siapa yang mau beli beras via online, pasti lebih enak langsung beli di tokonya.
.
Selain tentang produk, ketika produk sulit terjual ada hal lain yang bisa jadi bahan evaluasi yakni Customer Service yang menangani pembelian. Karena kemampuan CS dalam menangani dan merespon calon pembeli juga berpengaruh loh. Kalau CS nya ramah, baik, mudah diajak komunikasi, dan bisa memikat hati, otomatis akan lebih banyak konsumen yang membeli produk kita.
Jika teman-teman mempekerjakan CS, ada baiknya beri penyemangat semisal bonus pada setiap penjualan yang terjadi. Tujuannya agar setiap CS memaksakan diri untuk menjadi CS terbaik yang siap memikat hati calon konsumen untuk membeli.