Scale Up
Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, scale up yang akan dibahas di sini ialah menaikkan biaya iklan dengan tujuan menaikkan omset dan pendapatan. Scale up sebaiknya dilakukan apabila kita telah berhasil beriklan dengan baik pada titik tertentu. Jangan biarkan kesempatan terlewat!
Bagaimana Cara Scale Up Biaya Iklan?
Ada dua cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan scale up biaya iklan.
- Naikkan biaya kampanye iklan dengan cara mengeditnya. Klik edit, naikkan biaya iklannya.
- Melakukan duplikasi kampanye iklan. Klik duplicate, kampanye akan terduplikasi. Biaya iklan 2 kali lipat.
Dari kedua metode di atas, manakan metode yang terbaik? Dari pengalaman dan dari referensi ilmu yang telah saya pelajari, lebih baik menggunakan metode kedua. Dikarenakan kita tidak mengganggu kampanye iklan yang telah berjalan.
Kapan kita harus scale up?
Kapan kita harus scale up ditentukan oleh pemilik/owner produk. Sesuai dengan target pendapatan dari beriklan. Beberapa referensi mengatakan kita bisa scale up ketika biaya per hasil iklan kita di bawah Rp20.000. Tapi saya pikir itu hal yang salah, mengapa? Karena setiap owner memiliki target masing-masing dan setiap produk memiliki kondisi yang berbeda.
Biaya per hasil Rp20.000 pada produk A akan berbeda kondisinya dengan produk B. Right?
Jadi, jika kamu seorang owner, mulai biasakan bersikap kompeten. Harus bisa menganalisis titik mana usaha dikatakan berhasil, titik mana usaha masih berkembang, titik mana usaha itu gagal.
“Tapi… Buat patokan aja ka. Kasih contoh dong”
Mari kita bahas. Jika teman-teman pemberani, harusnya teman-teman terus melakukan scale up hingga ‘mentok’. Patokannya ialah ada pada batas maksimal Biaya per Hasil yang kita tentukan.
- Silakan teman-teman hitung berapa batas maksimal biaya per hasil yang termasuk ke dalam kategori Sukses. Tergantung produk yang teman-teman jual tentunya. Misalnya saja umumnya biaya per hasil paling jelek itu Rp20.000.
- Nah jika bisnis teman-teman merupakan bisnis mapan, saya sarankan teman-teman mulai beriklan dari Rp200.000. Jangan Rp50.000 ya, buat bisnis professional itu kekecilan.
- Lakukan proses iklan hingga teman-teman sukses minimal tiga hari berturut-turut dengan biaya iklan Rp200.000.
- Jika sudah maka lakukan scale up biaya iklannya dengan cara duplikasi kampanye.
- Jika hasilnya memuaskan, duplikasi lagi kampanye iklannya.
- Terus dan terus. Tanpa ada batasan.