Scaling Usaha
Scaling usaha merupakan setiap usaha/proses yang dilakukan untuk menjadikan usaha/bisnis kita lebih besar atau lebih kecil. Dalam kegiatan beriklan, scaling usaha dipraktekkan dengan melakukan penaikan atau penurunan biaya iklan. Meski begitu, scaling usaha tidak melulu soal biaya iklan, scaling usaha bisa tentang naik turunnya faktor produksi lainnya. Namun di sini kita hanya membahas perihal scaling biaya iklan.
Proses scaling usaha ini perlu dilakukan. Mengapa? Karena kita perlu memahami ekosistem pasar dengan baik. Karena ekosistem pasar yang menjadi market kita sudah bisa dipastikan tidak akan flat selamanya.
Sebagai contoh saja kalau produk kita ialah produk kurma. Maka kita perlu melakukan scale up pada bulan sebelum dan saat ramadhan, dan perlu melakukan scale down pada bulan setelah ramadhan.
Scaling usaha ini bertujuan untuk mengembangkan terus usaha kita, agar omset usaha terus meningkat. Serta juga bertujuan agar usaha kita dapat berjalan di setiap kondisi.
Selain melihat instrumen waktu, scaling juga bisa melihat hasil dari iklan yang telah kita jalankan. Apabila dalam minimal tiga hari berturut-turun hasil iklan kita di atas harapan, maka cobalah untuk bereksperimen menaikan biaya iklan.